Saturday, November 3, 2012

Suryanamaskar - Penghormatan kepada matahari

      Suryanamaskar adalah salah satu jenis yoga yang saat ini sedang digandrungi oleh banyak kalangan, baik dari kalangan muda maupun kalangan tua. Hal ini  terjadi bukan hanya karena gerakan dan cara pelaksanaanya yang dinilai mudah tetapi juga karena manfaat yang dihasilkan dengan melaksanakannya secara teratur. (Bagi yang menggemari bolywood, kita dapat melihat Amitabh Bachchan sedang melakukan Yoga Suryanamaskara di film Mohabbatein)
         Suryanamaskar sebenarnya telah lama dipraktikkan di india, penggemarnya semakin banyak dari hari-ke hari. Yoga Namaskar di Indonesia mulanya dilaksanakan oleh beberapa Ashram (pusat pembelajaran Hindu) kemudian merambah ke tempat-tempat lain dan kini telah dilaksanakan oleh perguruan tinggi dan sekolah-sekolah umum baik SMP maupun SMU. Yoga ini dapat dilaksanakan oleh semua orang, tidak terbatas oleh umur, jenis kelamin atau bahkan oleh agama atau keyakinan yang dianut.
        Pesatnya perkembangan Yoga Suryanamaskara dewasa ini disebabkan oleh kemudahan serta manfaat yang dapat dirasakan oleh pelakunya. latihan yoga ini disebut mudah karena hanya membutuhkan waktu lebih kurang 15 menit setiap kali melaksanakannya, tidak membutuhkan tempat yang luas (sepertihalnya olahraga umum lain), tidak membutuhkan fasilitas yang banyak (ga perlu lapangan, bola, meja, kursi, kartu, dll), dapat dilakukan seorang diri (tanpa perlu bantuan pacar atau pasangan, hehe....) dan beberapa kemudahan lainnya. Dibalik kemudahan itu, sisi menarik lain dari latihan ini adalah manfaat yang akan didapatkan setelah berlatih dengan teratur.
         Latihan yoga ini adalah suatu teknik yang dapat memperbaiki tubuh dan pikiran serta dapat membantu dalam menyembuhkan beberapa penyakit dan orang yang melaksanakannya akan mendapatkan kesehatan fisik, mental dan spiritual. Dari beberapa sumber ada,latihan Yoga Suryanamaskara dapatmenyembuhkan berbagai penyakit antara lain anemia, stress, kelelahan, sakit pada pembuluh darah, sakit pada persendiaan dan rematik, sakit kepala, asma dan penyakit paru-paru, gangguan pencernaan, sembelit, tekanan darah rendah, epilepsi, diabetes, penyakit kulit, kedinginan, ketidakseimbangan sistem endokrin, masalah menstruasi dan menopause. Bahkan juga diklaim dapat mengobati penyakit yang diakibatkan oleh pikiran seperti gelisah, depresi, sakit syaraf dan sakit kejiwaan yang bersumber dari gaya hidup modern yang cenderung mengakibatkan tekanan-tekanan mental yang berdampak pada penurunan kondisi tubuh. Hal ini dapat dicapai hanya dengan 12 sikap yoga sederhana (asana) yang dipadukan dengan pranayama dan dilanjutkan dengan meditasi. Beberapa manfaat gerakan surya namaskar yang utama yaitu :
  1. Surya namaskar paling baik dilakukan pada pagi hari karena dapat mengatasi kekakuan dan merevitalisasi tubuh serta menyegarkan pikiran. sehingga Anda akan merasa berstamina dalam menjalani aktivitas selama seharian penuh
  2. Selain bermanfaat bagi sendi, ligamen serta memperbaiki postur dan fleksibilitas tubuh, surya namaskar dapat memperbaiki emosi serta kesehatan jiwa. Karena itu, bila berlatih gerakan ini secara teratur, stres akan berkurang dan Anda pun akan merasa damai sehingga mampu berkonsentrasi lebih.
  3. Surya namaskar menstimulasi setiap sistem tubuh, terutama sistem kardiovaskular karena mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan sistem syaraf
  4. Mampu menjaga fungsi kelenjar endokrinal sperti tiroid, paratiroid, dan kelenjar hipofisi agar bekerja secara normal.
  5. Bila Anda mengalami kesulitan untuk tidur pada malam hari, surya namaskar akan membantu Anda tidur pulas tanpa menggunakan stimulan.
          Suryanamaskara (berarti penghormatan kepada matahari) dilaksanakan dengan melakukan gerakan-gerakan tubuh yang mencerminkan sebuah penghormatan kepada matahari dan merasakan energinya memasuki setiap sistem di dalam tubuh kita. Gerakannya terdiri dari 12 (dua belas sikap tubuh dalam yoga). Untuk dapat menguasai latihan dengan baik maka kita harus akrab dengan sikap tubuh itu satu persatu sampai akhirnya secara keseluruhan. Barulah kemudian menyelaraskannya dengan nafas di tingkat lanjutannya.

             Sementara demikian dulu sekilas tentang Suryanamaskar, lain kali disambung dengan pembahasan lebih lanjut mengenai sikap-sikap dalam Yoga Suryanamaskara.

0 comments:

Post a Comment